Selasa, 29 Maret 2011

Industri Musik

Semua orang tau , katanya industri musik indonesia sekarang sedang berada di atas angin. banyaknya band baru bermunculan seolah memacu kita untuk bisa sukses seperti mereka. tetapi tahukah anda bahwa banyak pengorbanan yang mungkin belum terpikirkan oleh kita untuk mencapai itu semua.
Saya ambil contoh saja . saat ini saya banyak dimintakan pertolongan oleh band -band daerah untuk bisa tembus ke industri rekaman mayor lebel. mereka band-band daerah juga banyak dari anak-anak terpandang dikotanya dan mempunyai modal besar untuk bisa mencapai industri musik di Jakarta !.
sayang .. sebelumnya mereka sudah banyak berkorban , mengeluarkan banyak sejumlah uang hingga ratusan juta . tapi apa daya band nya belum banyak berbicara di industri musik tanah air . atau mereka pulang lesu ke daerahnya . karena modal habis ditipu mafia recording yang hanya menjanjikan ini itu semata tanpa ada hasilnya , kasian sekali. 

Sebetulnya kalo kita bisa melihat kenyataan. tidaklah harus band-band daerah itu mengalami nasib naas seperti itu. apa sebabnya ? sebabnya adalah banyak band daerah miskin Link ( Jalur ) untuk menembus dunia industri rekaman mayor lebel yang ada di jakarta. sehingga mau saja mereka di bodohi oleh mafia recording yang nggak jelas asal usulnya itu. 
Modal musik bagus , modal musik menjual , modal uang banyak saja belum tentu bisa masuk industri musik indonesia. dan ini banyak dialami teman teman musisi muda yang datang silih berganti untuk sharing kepada saya dengan beragam masalah yang ada , malah ada yang sampai bangkrut dan tak kuat lagi untuk meneruskanya .  
LINK adalah modal utama untuk kita bisa masuk ke industri rekaman nasional. bagaimana kita bisa mendapat link tersebut ? jujur saja kita harus mau bergaul dan berteman dengan teman kita yag sudah sukses terlebih dahulu di industri musik. kita harus membuka mata bahwa banyak band baru dibantu hingga sukses oleh teman2 nya yg sudah lebih dulu sukses. dikenalkan dengan produser oleh mereka secara langsung . diarahkan musiknya seperti apa dan lain sebagainya agar bisa cepet diterima kuping produser. hingga hal hal terkecilnya. pertanyaan nya sekarang apakah anda sudah melakukan hal seperti ini ? saya jamin paling hanya 20% yang melakukan hal ini. sisanya tidak tahu mau dibawa kemana band saya ini !!
banyak band yg sukses yang tadinya hanya sekedar menjadi fans setia band pujaan nya. lama -lama pertemanan semakin dekat dan menjadi sahabat bukan fans tetap lagi . lalu iseng membuat demo lagu , lalu minta pertolongan kepada band pujaan nya tersebut untuk bisa di bawa ke Mayor lebel di perkrnalkan kepada produser ! ini dia yang namanya Link yang bisa di percaya setidaknya untuk memajukan band kita . dan hasilnya banyak band band bermunculan karena dibantu dengan cara ini . 
Tetapi harus kita sadari juga untuk MENEMBUS INDUSTRI MUSIK INDONESIA dibutuhkan juga pemahaman lain . contohnya masih banyak band yang dengan musik idealis mereka menawarkan pada produser inilah musik kami . lalu apa kata produsernya " Bisa dijual nggak musik kayak gini ? kalo nggak bisa dijual buat apa di produksi !" . ini yang banyak dikatakan oleh produser musik tanah air. Karena mau tidak mau , dipaksakan atau tidak hampir 70% kalo kita ingin sukses ya harus mengalah pada keadaan industri musik indonesia sekarang ini ...
Jujur saya katakan bahwa hal semacam ini memang kurang baik untuk perkembangan musik indonesia, tapi kalo kata Produser " saya pingin nya kayk gini " ya mau gimana lagi . boleh tanya kepada band sukses sekarang ini walau musiknya mungkin anda tidak suka . Tanya kepada band Armada , Tanya kepada Band ST12 , Tanya kepada Band Wali , Tanya kepada band the Bagindas , tanya kepada band mata ! mereka dulunya punya latar belakang musikalitas yg cukup tinggi di daerahnya . tapi apa daya akirnya mengalah juga untuk kesuksesan band nya ... melayu lagi .. melayu lagi .... hahahhaha sulit kan. Kalaupun ada band yang sukses dengan musik Idealisnya sudah pasti mereka banyak mengeluarkan duit pribadi ratusan hingga miliaran untuk bisa sukses. jual sendiri , produksi sendiri , video klip bikin sendiri , promo sendiri . gila ! kalo ortunya bukan orang kaya ... uang darimana untuk ongkos produksi seperti itu !

Singkat saja , dari hal yg sudah sy kemukakan diatas. maka tidak ada salahnya kita bisa merenungkan dan menyimpulkan . bahwa Industri musik di Indonesia memang seperti ini sekarang. Mau sukses ikuti kata produser , mau sukses minta bantuan temen yg sudah sukses untuk menunjukan kemana jalurnya untuk tembus rekaman . dan yang paling menggelikan .. ada beberapa band asuhan sy , bisa tembus rekaman tapi dengan syarat musiknya harus dirubah banyak agar laris manis buat RBT hahahahhaha !! . 
ini hanya sekedar masukan saja bagi kalian yang ingin band nya muncul di Indonesia , inegin mendulang sukses , engin kaya dari main musik . ya seperti inilah keadaanya sekarang.

Jadi siapa diantara kalian yg punya temen deket seorang artis , mintalah bantuanya , mintalah petunjuknya , mintalah jalur tembus nya . dan terakhir kompromi lah dengan kehendak sang Produser kalo musik kita akhirnya di acak-acak agar bisa lebih di jual .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar